Ragam Kuliner Tradisional Kamboja

infomakananluarnegeri - Pada kesempatan kali ini kammi akan memberikan informasi berisikan ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Ragam Kuliner Tradisional Kamboja. Dari sumber yang terpercaya dan pencarian yang kami telusuri,berikut ini beberapa artikel yang mengulas dan membahas mengenai Ragam Kuliner Tradisional Kamboja :







1. Kampot Pepper Crabs

Kampot adalah makanan khas Kamboja yang banyak ditemukan di daerah pesisir. Jika Toppers pecinta olahan kepiting, Kampot merupakan kuliner Kamboja yang pas untukmu.

Diolah dari kepiting segar hasil tangkapan nelayan setempat, makanan diolah dengan beragam bumbu yang mambuat rasa dari kepiting sangat gurih dan juga pedas. Selain di kota-kota Pesisir, makanan khas Kamboja ini juga bisa ditemukan di kota-kota besar lainnya di Kamboja.

2. Lap Khmer

Kuliner khas Kamboja dengan cita rasa menarik selanjutnya adalah Lap Khmer. Olahan daging sapi yang diiris tipis dan direndam dalam perasan jeruk nipis bersama beragam rempah, daun, dan bumbu lainnya ini memiliki cita rasa tajam yang sangat kaya. Jadi, jika Toppers tak terlalu suka rasa rempah yang kuat dan pedas, mungkin kamu bisa mencicipi makanan khas Kamboja yang lain.

3. Lok Lak

Masih berbahan dasar daging sapi, Lok Lak merupakan makanan khas Kamboja yang lezat dan wajib Toppers cicipi. Sebelum dimasak, sebelumnya daging akan dimarinasi semalaman dengan kecap ikan, kecap manis, perasan lemon, lada, saus tiram, dan beragambumbu lainnya sehingga cita rasa yang dihasilkan sangatlah gurih.

Umumnya sajian khas Kamboja ini disajikan dengan sayur-sayuran segar bersama sepiring nasi hangat. Tak cuma daging sapi, olahan tradisional Kamboja ini juga kerap dibuat menggunakan daging ayam, daging rusa, ataupun daging babi.

4. Nom Banh Chok

Untuk sarapan atau makan pagi, makanan khas Kamboja selanjutnya ini merupakan pilihan favorit. Terbuat dari mie beras bertekstur lembut dan tipisyang disajikan bersama saus ikan hijau, tauge, bunga pisang, mentimun, dan sayur-sayuran, kuliner asal Kamboja ini menawarkan cita rasa unik yang sayang untuk dilewatkan.

5. Prahok Ktiss

Kuliner khas Kamboja dengan rasa yang unik dan lezat lainnya adalah Prahok ktiss yang berasal dari Siem Reap. Prahok ktiss sendiri merupakan fermentasi pasta ikan yang memiliki rasa dan aroma cukup tajam dan kuat.

Bumbu ini kemudian kerap menjadi pelengkap berbagai masakan khas Kamboja atau untuk marninasi berbagai daging-dagingan.

6. Samlor Machu Trey

Samlor Machu Trey bisa dikatakan adalah sup ikan ala Kamboja yang cukup digemari baik oleh masyarakat Kamboja ataupun wisatawan yang tengah berlibur ke Kamboja.

Olahan fillet Ikan dimasak bersama kaldu dan bergaam bumbu yang memiliki perpaduan rasa gurih, manis, dan sedikit asam sehingga terasa sangat menyegarkan saat disantap.

7. Bok L’hong

Bok L’hong secara sederhana adalah salad yang terbuat dari buah pepaya muda. Daging buah pepaya yang telah diiris kemudian ditumbuk menggunakan Cobek bersama bumbu-bumbu seperti perasan jeruk limau, kecap ikan, dan prahok. Layaknya rujak buah, kuliner khas Kamboja ini akan memberikan cita rasa yang menyegarkan saat disantap.

8. Ansom Chek

Makanan khas Kamboja lainnya adalah Ansom Chek yang merupakan olahan buah pisang yang dimasak bersama nasi dan dibungkus menggunakan daun pisang layaknya lemper sebelum kemudian dikukus hingga matang.

Perpaduan rasa manis pisang dan nasi memberikan cita rasa unik yang mengenyangkan sehingga makanan khas Kamboja ini cocok untuk disantap sebagai sarapan pagi.

9. Ansom Chrook

Ansom Chrook merupakan kuliner Kamboja yang sekilas tak jauh berbeda dengan Ansom Chek. Yang membedakannya adalah isinya yang tidak menggunakan buah pisang, melainkan daging babi dan pasta kacang hijau.

Berbeda dengan Ansom Chek, makanan khas Kamboja satu ini tak hanya manis, namun juga memiliki rasa asin dan gurih yang sangat menggoda.

10. Ang Dtrai Meuk

Pilihan lain untuk para pecinta kuliner seafood adalah Ang Dtrai Meuk, sajian cumi-cumi panggang yang sangat mudah ditemukan saat Toppers tengah menjelajahi kota-kota pesisir Kamboja.

Meskipun dibumbui dengan bumbu sederhana, makanan khas Kamboja satu ini memiliki rasa sangat lezat. Terlebih lagi saat didampingi saus kemerahan khas Kamboja yang memiliki campuran rasa manis, gurih dan pedas yang lezat.