Ragam Kuliner Murah dan Enak Khas Myanmar

infomakananluarnegeri - Pada kesempatan kali ini kammi akan memberikan informasi berisikan ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Ragam Kuliner Murah dan Enak Khas Myanmar. Dari sumber yang terpercaya dan pencarian yang kami telusuri,berikut ini beberapa artikel yang mengulas dan membahas mengenai Ragam Kuliner Murah dan Enak Khas Myanmar :









1. Ohn No Khao Swe

Ohn-No Khao Swe adalah kuliner khas Myanmar yang berbahan dasar mie gandum. Ciri khas utama dari makanan asal Myanmar satu ini adalah siraman kuah kari yang gurih. Dilengkapi dengan topping pelengkap berupa daging ayam, irisan bawang, telur rebus, dan cabai, sajian khas Myanmar satu ini wajib masuk dalam daftar makanan yang Toppers harus cicipi saat berada di Myanmar.

2. Laphet Thohk

Untuk Toppers yang penggemar kuliner sehat tanpa daging, Laphet Thohk adalah makanan khas Myanmar yang bisa Toppers cicipi karena keseluruhan bahannya yang tidak mengandung daging sama sekali. Terbuat dari bahan dasar daun teh yang difermentasi dan diolah bersama irisan kubis, bawang, cabai, tomat, Laphet Thohk menjadi salah satu sajian Myanmar dengan cita rasa khas yang menarik untuk dicoba.

3. Mont Di

Berbahan dasar bihun, Mont Di adalah panganan yang cukup populer dikalangan masyarakat Myanmar. Salah satu kunci dari kekhasan cita rasa makanan khas Myanmar satu ini adalah penggunaan bahan “Nga-Pi”, pasta ikan khas Myanmar yang umum digunakan dalam masakan-masakan khas Myanmar.

4. Ngapi

Sempat disebutkan sebelumnya, Nga Pi adalah satu satu kunci dari kekhasan dari cita rasa makanan khas Myanmar. Terbuat dari ikan atau udang yang difermentasi, Nga Pi menjadi salah satu bumbu dapur yang sangat umum ditemukan dalam masakan-masakan Myanmar.

5. Mala Hin

Sajian makanan khas Myanmar selanjutnya adalah Mala Hin yang sekilas terlihat seperti Gado-Gado di Indonesia. Hal ini dikarenakan penggunaan saus kacang pada sajian ini hampir serupa dengan saus kacang yang digunakan dalam Gado-Gado. Yang membedakannya adalah isian dari panganan khas Myanmar ini dan cita rasa saus kacang yang umumnya lebih pedas.

Kuliner khas Myanmar ini sendiri terdiri dari tahu, kacang, bihun, kacang polong, kailan, wortel, dan berbagai sayur-sayuran lainnya yang semakin membuat rasa dari makanan ini terasa menyegarkan.

6. Nga Htamin

Nga Htamin adalah pilihan kuliner khas Myanmar selanjutnya yang berbahan dasar nasi. Identik dengan warnanya yang kuning, masakan asal Myanmar satu ini kaya akan rempah-rempah sehingga membuat aroma dari Nga Htamin sangat menggota. Dilengkapi taburan ikan dan juga bawang putih serta bahan pelengkap lainnya, makanan khas Myanmar satu ini memiliki cita rasa kaya yang sangat khas.

7. Hto-hpu Nwe

Diolah dari Chickpea alias tepung kacang polong, makanan khas Myanmar Hto Hpu ini memiliki tekstur lembut layaknya bubur dan warna kekuningan yang sangat mencolok. Disajikan bersama bihun dan tambahan daging-dagingan dan kaldu, makanan khas Myanmar satu ini termasuk dalam salah satu kuliner Myanmar dengan cita rasa unik yang wajib dicicipi.

8. Mohinga

Satu lagi makanan khas Myanmar yang tak boleh sampai terlewatkan adalah Mohinga. Kuliner Myanmar ini tergolong sangat populer karena cukup mudah ditemukan saat Toppers berkunjung ke Myanmar.

Dibuat dari bahan dasar tepung beras yang diolah bersama kaldu, ikan, bawang, dan berbagai bumbu lainnya, makanan khas Myanmar ini disajikan bersama irisan telur rebus, pelepah pisang, dan air perasan jeruk nipis yang menambah sensasi menyegarkan dari makanan khas Myanmar satu ini.

9. Kari Burma

Untuk Toppers penggemar panganan berjenis kari, maka makanan khas Myanmar selanjutnya ini tak boleh sampai terlewatkan. Kari Burma merupakan sajian kari khas Myanmar yang memiliki warna merah menyala dari ragam rempah-rempah yang digunakan. Untuk isiannya sendiri, ada beragam pilihan yang Toppers coba, mulai yang menggunakan daging ayam, sapi, seafood, hingga daging domba.

Kuliner asal Myanmar ini kerap disajikan bersama sepiring nasi gurih hangat yang mampu menyempurnakan kelezatan dari Kari Burma ini.

10. Samosa Thouk

Samosa adalah makanan khas Timur Tengah berupa gorengan berbentuk segitiga dengan isian daging dan beragam bahan lainnya. Namun di Myanmar, Toppers bisa menikmati sensasi berbeda menikmati Samosa karena disini, Samosa disajikan dengan siraman kuah kental yang sangat gurih dan berbagai bahan pelengkap lainnya. Menarik, bukan?

11. Mont Lone Yay Baw

Puas menyantap berbagai makanan khas Myanmar yang mengenyangkan, saatnya mencicipi kue-kue khas Myanmar sebagai makanan ringan dan pencuci mulut. Salah satu kur tradisional khas Myanmar yang bisa Toppers cicipi adalah Mont Lone Yay Baw, kue berbahan dasar tepung beras berbentuk bulat-bulat dengan tekstur kenyal dan rasa yang manis. Disajikan bersama parutan kelapa, Mont Lone Yay Baw termasuk salah satu jajanan kaki lima di Myanmar yang bisa Toppers cicipi.

12. Sanwin Makin

Kue khas Myanmar lainnya adalah Sanwin Makin yang terbuat dari gandum, kelapa, dan juga mentega. Perpaduan rasa manis khas kue-kue tradisional dan gurih membuat hidangan pencuci mulut ini mampu memanjakan lidahmu saat berwisata kuliner di Myanmar.